4_Shared

Ikon

Jangan berpikir apa yang akan kamu dapatkan dari Islam tapi berpikirlah apa yang akan kamu berikan untuk Islam

Pengemis Pakai HP!??

Sekitar sebulan yang lalu sejak tulisan ini dibuat, saya berangkat ke kantor dari rumah. Di salah satu perempatan lampu merah daerah Bekasi seperti biasa banyak peminta (pengemis) yang menadahkan tangan ke pengendara. Memang setiap harinya itu adalah pemandangan biasa. Tapi kemudian pandangan saya tertuju pada seorang ibu yang juga pengemis senior di tempat itu sedang menempelkan hp di telinganya. Sepertinya dia memang sedang berbicara dengan seseorang melalui ponsel itu. Saya tertawa dalam hati, mungkin hal yang sama juga dirasakan oleh pengendara yang lain hanya saja mereka malu berkomentar. Akhirnya lampu hijaupun menyala dan kami melanjutkan perjalanan.

Pengemis pakai hp? Mungkin ini belum lumrah terjadi. Kalau bisa punya hp mengapa jadi pengemis? Atau jangan-jangan uang yang didapatkan setiap hari lebih dari cukup sehingga bisa membeli hp seri baru. Hasil investigasi berbagai kalangan terutama media memang sudah banyak menemukan bahwa mengemis itu adalah profesi, bukan keterpaksaan. Saya khawatir suatu saat akan ada orang yang mengisi suatu formulir pada kolom pekerjaan dengan kata ”pengemis”, alamat kantor: ”lampu merah perempatan ini dan anu”. Dengan tidak mengurangi ”rasa hormat” kepada pengemis sejati yaitu mereka yang mengemis karena keterpaksaan, layak kiranya masyarakat mengambil sikap kepada kelompok pengemis ”professional” ini.

Banyak orang yang berhati mulia ingin membantu sesama, sehingga mereka tak segan dan dengan penuh ketulusan merogoh saku memberikan uang seribu atau dua ribu kepada setiap tangan yang menengadah ke hadapannya. Tapi bila fenomena profesionalisasi mengemis ini tidak disikapi dengan bijak, tentu kekhawatiran saya diatas bukanlah hal yang mustahil. Ada baiknya kita melihat kepada siapa kedermawanan kita diberikan. Jangan memberikan kepada mereka yang menjadikan ngemis (entah apa kata dasar kata ini) sebagai profesi.

Bila terlihat badannya sehat, secara fisik masih mampu bekerja, tentulah dia belum pantas turun derajat jadi pengemis. Sebab, rezeki Allah itu maha luas bagi yang benar-benar yakin dan sungguh-sungguh menjemputnya secara optimal dan maksimal. Apalagi Rasulullah SAW pernah bersabda, ”Tidak dihalalkan meminta bagi orang yang kaya (berkecukupan) atau beranggota badan lengkap dan masih kuat.” (HR. Ahmad, dari salah seorang sahabat Nabi SAW). Dalam riwayat At Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah dan lain-lain dari Abdullah bin ’Amr, redaksinya adalah, ”Tidak halal sedekah untuk orang kaya dan yang masih kuat serta beranggota tubuh lengkap.”

Bila semua orang sadar untuk tidak memberi, dengan sendirinya mereka akan berhenti dari aktifitas tersebut, lalu berusaha mencari kerja. Solusi jangka pendeknya, bisa dengan memberikan kesadaran kepada mereka yang berprofesi seperti di atas untuk meninggalkan pekerjaannya, dan membekeli mereka dengan kemampuan, sehingga mereka bisa hidup mandiri tanpa harus minta belas kasihan orang dengan berpura-pura, atau menghinakan diri.

Ini jelas bukan pekerjaan gampang dan tidak bisa dilakukan satu orang. Perlu ada kerjasama semua komponen bangsa yang seharusnya dikomandoi pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan dan pemiskinan diri.

Wallahu a’lam. (mudah-mudahan ada sambungannya).

Bekasi, 24 Pebruari 2009.

Anshari Taslim.

http://alponti.multiply.com/journal/item/23/Pengemis_Pakai_HP

Filed under: Oase,

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

--------------------------------------------------------------------------------------

Syukron

Anda telah mengunjungi blog sederhana, saya hanya baru belajar mengenai blog. Mudah-mudahan apa yang saya posting bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika dalam postingan terdapat kesalahan karena saya manusia biasa yang sering khilaf.
--------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------

Kalender Posting

Agustus 2009
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Lokasi Pengunjung

Locations of visitors to this page ---------------------------------------------------------------
Masukkan Code ini K1-6Y5EA7-7
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com --------------------------------------------------------------- Counter Powered by  RedCounter
%d blogger menyukai ini: